Jumat, 03 Oktober 2014

Batik Cirebon - Batik Trusmi Premium Modern

Batik CirebonIstilah batik premium bagi masyarakat biasanya di kenal sebagai batik yang telah berusia ratusan tahun. Padahal, seiring perkembangan batik, batik modern pun bisa tergolong batik premium.
Selama teknik pembuatan, desain dan pewarnaan, batik modern di buat dengan sangat rapih dan apik oleh sang pengrajin, batik modern juga bisa masuk kategori batik premium dengan harga puluhan juta rupiah.
Batik Cirebon - Sebenarnya batik klasik dan batik modern bisa di bilang sebagai batik premium. Karena ada sedikit perbedaan pada keduanya. Batik klasik biasanya menjadi barang yang sangat berharga karena memiliki unsur filosofis dan sejarahnya yang begitu kental. Batik modern menjadi premium di lihat karena kedetailan desainnya, di samping teknik pembuatan dan pewarnaannya tentu saja.
Agar bisa mendapat predikat batik premium, batik modern harus mengubah motif-motif klasik yang ada. Caranya dengan menggabungkan beberapa motif atau membuat tematik.
Kendati demikian, batik premium modern hanya cenderung menampilkan estetika serta kerumitan teknik mencanting dan pewarnaannya saja.
Sementara batik premium klasik, memiliki kekuatan pada nilai filosofis pada tiap torehanannya.
Batik klasik premium memang memiliki nilai filosofis tertentu. Ini yang menjadikan batik klasik premium memiliki nilai hingga ratusan juta.
Batik tak harus kebaya. Batik harus sudah teraplikasi di segala jenis model pakaian agar semakin lekat dengan masyarakat.
Pernyataan kalimat di atas memang benar adanya. Jika bentuk batik hanya di aplikasikan ke dalam pakaian tradisional, misal kebaya. Maka bukan tidak mungkin, semakin lama minat konsumen terhadap batik akan terus menurun. Batik perlu terus di aplikasikan ke dalam segala bentuk, bisa tas misalnya atau jenis pakaian-pakaian modern lainnya.
Di sentra pengrajin batik Cirebon, batik di aplikasikan ke dalam berbagai bentuk. Ini menarik sekali, dengan begitu minat konsumen terhadap batik selalu meningkat tajam setiap tahunnya. Pengaplikasian seperti itu terhadap batik memang sangat penting, dalam rangka menjaga warisan budaya UNESCO agar tetap lestari dan tidak di tinggalkan oleh generasi yang akan datang nantinya.

0 comments:

Posting Komentar